laklak bali

Kue Laklak , Cemilan Manis Tradisional Khas

Posted on

kue Laklak, Kue Tradisional Denpasar dengan cita Rasa Khas Bali yang menggiurkan

Saat ramadhan, disunnahkan untuk berbuka dengan yang manis-manis, seperti kurma, kue dan kolak buah. Agar tidak bosan juga, harus ada variasi kue yang dicoba, seperti kue laklak. Jika sedang berlibur ke Bali, tak lengkap jika tidak mencoba salah satu kue tradisional khas Bali yang sangat enak, manis dan lembut tersebut. Makanan ini merupakan salah satu kue tradisional Denpasar dengan citarasa yang sangat lezat dan cocok untuk cemilan anda sambil menikmati indahnya kota Bali.

Kue Tradisional Denpasar

Walaupun Bali terkenal sebagai tujuan destinasi yang banyak diminati didunia, ternyata Bali juga memilki destinasi kuliner yang juga tidak kalah dengan destinasi wisatanya, seperti contoh kue laklak yaitu kue tradisional Denpasar. Untuk lebih jelasnya, inilah penjelasannya:

  1. komposisi kue laklak

Kue laklak merupakan kue yang seperti kue lumpur. Kue ini terbuat dari tepung beras dan warna hijaunya berasal dari daun pandan atau daun fuji. Namun, kue ini berbeda dengan kue lumpur biasanya. Kue laklak memilki toping atau taburan diatasnya yaitu parutan kelapa tua yang diberi saus gula. Saus gula pada kue pun juga berbeda dari saus gula biasanya, saus gula kue terbuat dari gula merah yang dimasak dengan nangka, sehingga memilki citarasi manis yang segar.

Masyarakat Bali menyantap Cemilan ini dengan berbagai cara, salah satunya yaitu dengan menambah santan atau dengan gula duren. Gula duren dibuat dengan gula merah yang telah dicampur dengan duren. Agar dapat merasakan kenimkatan kue tradisional denpasar ini dengan sempurna, masyarakat Bali gemar mengkonsumsinya dengan teh atau kopi bali yang diseduh dari bubuk Bali Gapura. Jika ke Bali coba sempatkanlah untuk merasakn kue laklak yang termasuk kue tradisional Indonesia.

  1. Restauran dan Harga Kue Laklak

Ada beberapa restauran maupun tempat yang menjual oleh-oleh khas Bali yang menjual kue laklak yaitu antara lain, laklak men gabrug, warung laklak dah lolet dan laklak Bali Rama Kwanji. Salah satu restauran laklak yang sangat terkenal adalah, laklak men gaburug yang beralamatkan di Denpasar. Karena laklak adalah kue tradisional khas Denpasar, maka kue ini di Denpasar juga lebih spesial daripada tempat lain.

Banyak restauran, seperti laklak men gabrug yang memasak kue ini dengan metode tradisional sehingga citarasanya lebih terasa lezat dan fresh. Pemilik restauran laklak men gabrug masih memasak kue laklak dengan pengkukus tradisional dan dipanggang di tungku tradisional dengan menggunakan kayu kopi, hal tersebut bertujuan untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

cara buat kue laklak

Harga yang dibandrol untuk kue tradisional Denpasar ini juga sangat murah, yaitu Rp. 5000 persajian. Ada 5 buah laklak persajian, yang berarti kue ini dihargai Rp. 1000 per kue nya. Anda jangan khawatir, walaupun kue ini adalah kue khas Denpasar, namun kue laklak sudah sangat terkenal dan disukai masyarakat Bali, sehingga banyak restauran maupun warung di luar Denpasar yang juga menjual kue  ini, sehingga anda juga dapat mendapatkannya dengan mudah.

Walaupun kue ini masih jarang diketahui oleh masyarakat Indonesia, namun kue ini cukup terkenal diantar turis lokal maupun internasional yang datang ke Bali. Namun sayangnya karena keterbatasan bahasa, sehingga banyak yang mengira kue lumpur atau karena kue laklak menggunakan bahasa Bali, sehingga lumayan terdengar asing untuk para turis lokal. Namun, kue laklak tetaplah menjadi kue tradisional Denpasar yang banyak diminati terlepas dari terkenal tidaknya.

Gravatar Image
Website ini menawarkan sewa motor murah di Bali. melayani antar jemput ke Bandara, Terminal, dan Hotel. Motor Matic Bali | Sewa Rental Motor Bali under gotravela indonesia. Contact Ilham di Motor Matic Bali +62 852-7852-7205

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *